BantenLebak

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Perpustakaan Deswana Tersenyum

LEBAK | BANTEN, suaramedia.id – Meningkatkan minat baca melalui program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, menjadi salah satu tujuan dibentuknya Perpustakaan Desa Wanasalam bernama Deswana Tersenyum di Desa Wanasalam, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Jum’at (09/10/2020).

Namun jika hanya menunggu atau mengandalkan kunjungan masyarakat untuk membaca buku, tentu akan sulit, sehingga pihak pengelola Perpustakaan Deswana Tersenyum, Siti Jubaedah dan Pjs Kepala Desa Wanasalam, Dadan Ginanjar, berinovasi melengkapi perpustakaan dengan Wi-Fi gratis dan membuat inovasi lainnya, salah satunya yaitu menggambar untuk anak usia dini.

“Alhamdulillah minat baca masyarakat di Desa Wanasalam sekarang mulai bertambah, karena Kami setiap hari mencari inovasi baru agar masyarakat Desa Wanasalam khususnya kalangan pelajar, berminat untuk datang ke perpustakaan Deswana Tersenyum,” ujar Siti.

Fasilitas Wi-Fi menjadi senjata yang ampuh untuk membuat masyarakat bisa berkunjung, walaupun pada awalnya sebagian pengunjung hanya berniat menggunakan pasilitas Wi-Fi saja, namun lama-kelamaan muncul keinginan untuk membaca.

Pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa Wanasalam, Dadan Ginanjar mengatakan, sedikitnya terdapat beberapa judul buku yang dimiliki Perpustakaan, baik itu yang bertema agama, pengetahuan umum, teknologi tepat guna, pertanian, perikanan, peternakan dan lainnya.

“Kita akui minat baca masyarakat masih lemah, oleh karena itu lewat kegiatan seperti ini Kita berharap, bisa meningkatkan minat baca masyarakat dan meningkat pula kunjungan keperpustakaan, sehingga tujuan pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bisa terwujud,” tutur Dadan.

Pewarta : (Ricky)

Facebook Comments
Baca Juga..!  Bupati Lebak Dan Kementrian PUPR RI Bahas Proyek KPBU Bendungan Pasir Kopo