Jawa Tengahtegal

Lewat Sepak Bola, TNI dan Polri Berian Kenyamanan Pada Pelajar Papua

TEGAL|JATENG, suaramedia.id– Menciptakan situasi yang kondusif jajaran Kepolisian menggelar olahraga bersama puluhan pelajar asal Papua di Stadion Karangbirahi Brebes, Senin (2/9/19).

Kegiatan olah raga bersama Sepak Bola yang dilaksanakan secara gabungan antara Polres Brebes dan Polres Kota Tegal tersebut berlangsung meriah.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah menyatakan, sepakbola bersama merupakan bentuk kepedulian dalam menyampaikan pesan persatuan dan kesatuan perdamaian bangsa serta bentuk menjaga NKRI.

“Kita tidak ingin di sini terprovokasi. Jadi anak – anak asal Papua di sini kita jaga, termasuk jaga keamanannya. Dan juga mereka bisa beraktivitas seperti biasa dan pasti aman,” tegas Rondhi sapaan akrab Kapolres Tegal Kota.

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono mengatakan, kegiatan sepakbola bersama pelajar asal Papua dilakukan melalui pendekatan silaturahmi. Baik dari komunitas pelajar asal Papua yang sedang tugas belajar di wilayah Pantura Barat, Jawa Tengah.

“Kegiatan silaturahmi sepakbola bersama ini agar menciptakan situasi nyaman dan aman. Sehingga mereka tak akan terpancing konflik yang terjadi di Papua. Dengan begini mereka bisa sedikit melupakan kejadian di sana,”ujar Aris.

Diharapkan, dari kegiatan sepakbola bersama ini, para pelajar asal Papua bisa melupakan peristiwa yang terjadi dan merasa nyaman dan aman tinggal di wilayah Brebes ataupun Kota Tegal.

Sementara ditempat yang sama Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0712/Tegal Mayor Inf Akhmad Aziz menyampaikan dengan adanya pertandingan sepak bola pelajar papua diwilayah binaan Kodim 0712/Tegal dapat menjadi contoh dan membuktikan semangat untuk belajar di Kota Tegal dengan penuh kedamaian untuk menimba ilmu.

TNI dan Polri akan selalu berada di tengah-tengah rakyat tanpa memandang suku, agama, golongan, serta dari mana asalnya. Karena, salah satu tugas pokok TNI melindungi segenap warga negara dan seluruh tumpah darah Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga..!  Kodim Pekalongan Salurkan Bantuan Sosial Dari Pangdam IV/Diponegoro

Kami TNI dan Polri di Tegal menjamin keamanan warga Papua di Kota Tegal. Harapan kami dengan bersilaturahmi lewat olahraga bersama ini dapat merajut kebhinekaan untuk keutuhan NKRI, terutama di Tegal. Semoga semua bisa bersinergi, bersatu padu untuk keutuhan NKRI,” pungkasnya.

Pertandingan sore itu, tim pelajar asal Papua melawan personel Polri. Tak hanya pelajar laki-laki saja, pelajar perempuan pun terlihat penuh semangat dan riang gembira. Benerapa diantaranya ada yang menari tarian khas Papua sembari bernyanyi. Hasil pertandingan pun dimenangkan tim dari Polri dengam skor tipis 1-0.

Selain Sepak Bola bersama juga dilaksanakan senam bersama Kapolres dan para Polwan.

Febiola (15),seorang pelajar asal Papua, mengaku senang bisa berkumpul bersama teman teman. Apalagi, bisa melihat teman-temannya bermain sepakbola melawan polisi.

“Ya walau pun hari ini kami kalah semangat kami tetap membara. Dan juga kami akan datang lagi dengan semangat yang membara ini untuk memanangkan pertandingan yang akan datang,” ungkapnya. (Nur)

Facebook Comments