brebesJawa Tengah

Kodim Brebes Gelar Doa Bersama Masyarakat, Mengenang Pertempuran 15 Desember Pembebasan Ambarawa

BREBES | JATENGsuaramedia.id – Keluarga besar Kodim 0713 Brebes bersama dengan masyarakat di lingkungannya, menggelar doa bersama untuk mendoakan para pahlawan bangsa, jelang Hari Juang TNI AD.

Doa yang dilaksanakan di Masjid Darut Taqwa selepas pelaksanaan sholat Jumat berjamaah dengan masyarakat ini, dipimpin Pelda Purnawirawan H. Masyuri (59), mantan anggota Kodim Brebes yang kini menjadi Kepala Desa Dukuhwringin, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Dandim melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter), Kapten Arhanud Nediono, menjelaskan singkat bahwa, Hari Juang TNI AD yang sebelumnya bernama Hari Juang Kartika atau Hari Infanteri, adalah tanggal khusus atau hari jadinya Korps Infanteri TNI AD.

“Hari Juang TNI AD diperingati setiap tahun untuk mengenang pertempuran pembebasan Kota Ambarawa selama empat hari empat malam yang diduduki penjajah sekutu kala itu. Puncaknya pada tanggal 15 Desember 1945, TKR (Tentara Keamanan Rakyat) yang sekarang TNI, meraih kemenangan besar dengan memukul sekutu ke Semarang,” jelasnya, Jumat (13/12/2019).

Dikatakannya juga, doa juga sebagai introspeksi diri agar masing-masing prajurit TNI meniru perjuangan TKR yang dengan semboyan ”Rawe-rawe rantas malang-malang putung, patah tumbuh hilang berganti”, dengan persenjataan seadanya dan tekad bulat, mereka lebih memilih gugur untuk melawan penjajah.

“Jiwa nasionalisme dan patriotisme para pendahulu inilah yang perlu kita warisi dan peringati, sehingga generasi TNI sekarang diharapkan akan memiliki hal serupa,” imbuh Nediono.

Di akhir doa bersama, H. Masyuri mengungkapkan rasa bangganya karena bisa bertemu kembali dengan beberapa rekan kerjanya di Kodim dahulu. Ia pun menyatakan terima kasih karena diberikan kehormatan untuk memimpin doa di Hari Ulang Tahun TNI AD 2019. Pewarta : (Utsm-Aan)

Facebook Comments
Baca Juga..!  Bamsoet: HMI dan KAHMI Benteng Penjaga Kedaulatan NKRI