Jawa TengahKota Pekalongan

Darurat Sampah, TNI Bersama BPBD dan Komponen Masyarakat Bersihkan Sungai

KOTA PEKALONGAN | JATENG, suaramedia.id – Untuk mencegah terjadinya banjir serta membersihkan lingkungan dari sampah, TNI, Polri, BPBD bersama komponen masyarakat bersihkan sungai yang berada di Perumahan Bumirejo Residence ( BRD), Kecamatan Pekalongan Barat, Kota pekalongan, Kamis (21/11/2019).

Kegiatan bersih sungai diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Walikota Pekalongan H. Saelany Mahfudz dan di ikuti oleh Kapten Inf Sunarto ( Ws Kasdim 0710/Pekalongan ), Kapten Infanteri Parman (Pasi Ter Kodim 0710/Pekalongan), Iptu Agus ( Panit Patroli Sabhara Polsek Pekalongan Barat ), Suseno ( Kepala BPBD Kota Pekalongan ), M.Natsir (Camat Pekalongan Barat) serta beberapa komunitas bersih sungai dan masyarakat yang berjumlah kurang lebih 200 orang.

Walikota Saelany Mahfudz mengatakan, bahwa kondisi saat ini di Kota Pekalongan sudah darurat sampah, sehingga perlu peran serta seluruh komponen masyarakat untuk gerakan bersama bersih lingkungan.

“ Saat ini, Kota Pekalongan sudah darurat sampah, oleh sebab itu mari kita bersama-sama untuk membersihkan lingkungan kita agar menjadi lingkungan yang bersih,” ajak Walikota.

Terkait dengan banyaknya sampah yang dibuang di sungai oleh masyarakat, Walikota menyampaikan masih mengkaji untuk memberlakukan perda bagi masyarakat yang buang sampah sembarangan ke sungai.

“ Kita masih mengkaji perda tersebut, yang terpenting mari kita galakan gerakan bersih sungai dan lingkungan ini, agar masyarakat mengerti pentingnya menjaga kebersihan sungai dan lingkungan dan salah satunya adalah mencegah terjadinya banjir,”tandasnya.

Terpisah Dandim 0710/Pekalongan Letkol Infanteri Arfan Johan Wihananto menjelaskan, akan selalu membantu pemerintah daerah dalam mengatasi kesulitan masyarakat seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan saat ini, yaitu bersih sungai dalam rangka mencegah terjadinya banjir.

“ Kita akan selalu menjadi yang terdepan dan selalu bersinergi dengan Pemkot, Polri dan komponen masyarakat dalam mengatasi kesulitan masyarakat, dan kegiatan bersih sungai ini sangat bermanfaat dalam mengatasi dan mencegah terjadinya banjir,”pungkasnya.

Baca Juga..!  Padepokan TTKKDH Pusaka Banten Fokus Lestarikan Tradisi

Diketahui, bahwa saat ini memang ada beberapa sungai di kota pekalongan yang dipenuhi dengan enceng gondok dan sampah salah satunya sungai yang berada di Perumahan Bumirejo Residence ( BRD), Kecamatan Pekalongan Barat, Kota pekalongan.

(Rus)

Facebook Comments