brebesJawa TengahNewsPendidikan

Danramil Banjarharjo Brebes : Pramuka Penting Menguasai Navigasi Darat

BREBES | JATENGsuaramedia.id – Puluhan anggota Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) S. Parman, binaan Koramil 14 Banjarharjo Kodim 0713 Brebes, menerima materi Navigasi Darat (Navrat) dan Ilmu Medan. Kamis sore (23/1/2020).

Mereka (10 orang Dewan Penegak dan 48 orang anggota SWK) adalah siswa dan siswi Pondok Pesantren Miftahul Falah, yang beralamatkan di Jalan Merdeka No. 107, Desa/Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Danramil Kapten Infanteri Agus Sulistyo menjelaskan bahwa, pelatihan materi tersebut dilaksanakan di Koramil selama 2 jam dengan tahapan pengetahuan dasar Navrat.

“Kali ini kami memberikan materi pengetahuan dasar navrat. Selanjutnya, setiap hari Kamis sore, mereka akan dibina sampai ke tingkat mengerti dan mampu. Ini akan sangat berguna dalam menentukan lokasi di tempat asing/hutan,” beber Kapten Agus.

Ia menambahkan, selain materi navrat yang merupakan salah satu dari 5 krida wajib SWK, pihaknya juga memberikan materi 4 materi krida lainnya secara bertahap.

“Salah satu praktek aplikasi krida penanggulangan bencana alam adalah, mereka dilibatkan dalam penanganan bencana banjir di wilayah Kecamatan Banjarharjo beberapa waktu yang lalu (17/01). Setidaknya mereka menjadi contoh di masyarakat,” tandasnya.

Agus berharap, nantinya mereka akan menjadi ujung tombak dalam kegiatan-kegiatan sosial di kehidupan bermasyarakat.

Tampak Serda Rasio dan Serda M. Taufik memberikan materi Navrat dan ilmu medan. Pewarta : (Utsm-Aan)

Facebook Comments
Baca Juga..!  Beri Rasa Aman Pengguna Jasa, Polresta Bandara Soetta Gelar Patroli Rutin