Jawa TengahKlaten

Bupati Klaten Cek Jalur Evakuasi Merapi dan Titik Kumpul di Desa Tegalmulyo dan Desa Sidorejo

KLATEN | JATENG, suaramedia.id – Bupati Klaten Hj Sri Mulyani didampingi sejumlah pejabat mengecek Shelter Demak Ijo, Kecamatan Karangnongko, dan jalur evakuasi Gunung Merapi serta titik kumpul Desa Tegalmulyo dan Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Selasa, 7 Juli 2020.

Rombongan Bupati Klaten singgah sejenak di Shelter Demak Ijo, Kecamatan Karangnongko lalu menuju jalur evakuasi Merapi menuju Desa Tegalmulyo.
Sesampai di Desa Tegalmulyo, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengecek titik kumpul yang menggunakan gedung pertemuan yang berada di sisi selatan Balai Desa Tegalmulyo.

Setelah itu, Bupati Klaten didampingi Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, SIK, MH mengadakan rapat koordinasi secara singkat dengan jajaran Muspika Kecamatan Kemalang dan Kades Tegalmulyo, Sutarno dan perangkat desa Tegalmulyo.

Kepada wartawan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengatakan, terkait perkembangan Gunung Merapi pihaknya mendapat telepon dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, agar meningkatkan kewaspadaan terkait perkembangan Gunung Merapi.

Namun saat ini status Gunung Merapi masih berada pada level waspada, sehingga warga juga tetap waspada, tetapi agar tetap tenang serta mengikuti arahan dan anjuran pemerintah terkait perkembangan Gunung Merapi.

Dikatakan, terkait jalur evakuasi gunung Merapi saat ini Pemkab Klaten memprogram perbaikan baik dengan APBD Kabupaten Klaten dan bantuan dari Pemprov Jawa Tengah. Terkait evakuasi, warga Kemalang sudah mengetahui jalur khusus yang digunakan untuk menyelamatkan diri jika sewaktu-waktu terjadi erupsi.

Dalam kunjugannya di Desa Tegalmulyo, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga mengecek kesiapan titik kumpul yang ada di Gedung Pertemuan Desa Tegalmulyo. Bupati Klaten mengingatkan agar lokasi titik kumpul dijaga kebersihannya dan diberi lampu penerangan yang memadai.

Setelah dari Desa Tegalmulyo, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani melanjutkan kunjungan di Balai Desa Sidorejo yang dijadikan titik kumpul jika terjadi erupsi Gunung Merapi. Dalam kunjugannya di Kecamatan Kemalang, Bupati Klaten selain didampingi Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, SIK, MH, juga didampingi sejumlah pejabat antara lain Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Sip Anwar; Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Ir Tajudin Akbar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sri Hadi, Kabag Layanan Pengadaan Barang M Anwar Shodiq, Plt Kabag Humas Pandu Wirabangsa SH MEng dan Kepala RSPD Klaten Tri Nugroho SSTP MSi.

Baca Juga..!  New Normal, Warga Tidak Boleh Merangkul dan Cipika Cipiki

(SIS)

Facebook Comments