BanjarnegaraJawa Tengah

Babinsa Bantu Evakuasi Warga karena Pergerakan Tanah

Banjarnegara | Jateng, suaramedia.id – Babinsa Koramil 06/Kalibening Serda Simon David Beker membantu evakuasi warga desa Sinduaji Kecamatan Sebanyak 5 Kepala Keluarga (KK) atau 21 orang warga, Kecamatan Pandanarum Kabupaten Banjarnegara sejak Jumat malam malam (25/10) pukul 08.00 WIB terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman akibat terjadinya retakan tanah tebing dan ke rumah warga sepanjang 100 meter berdiameter 50 centimeter. Minggu (25/10/2020).

Retakan tanah di atas tebing itu terjadi diakibatkan curah hujan tinggi sehingga mengancam sejumlah pemukiman warga sekitar lokasi.

Menurut anggota Babinsa Desa Sinduaji, Serda Simon, retakan tanah di atas tebing sepanjang 100 meter itu telah mengancam sejumlah pemukiman warga yang berada di bawah tebing yang padat penduduk.
“Retakan tanah tersebut akibat curah hujan yang cukup tinggi ada beberapa rumah hingga sampai dasar tebing juga ada pemukiman padat penduduk. Dari atas tebing hingga dasar tebing diperkirakan tingginya 20 meter,” ujar Simon

Dirinya menjelaskan, diatas tebing juga terdapat pemukiman penduduk yakni di lokasi Kp Jeruk Mipis RT 01 RW 03 Desa Sinduaji Kecamatan Pandanarum Kabupaten banjarnegara. Berbagai langkah antisipasi dilakukan pihak Babinsa bersama Muspika Kecamatan Pandanarum serta BPBD.

Yakni, mengosongkan sekitar 5 rumah yang rawan berdampak bencana selanjutnya mengungsikan 5 KK yang berada diatas tebing dan sekitar tebing. Termasuk bawah tebing sebanyak 21 orang diungsikan ke tempat yang aman.

Selain peristiwa tanah retak, pada Kamis malam (22/10/2020) pukul 05.00 wib juga terjadi tanah longsor di tepi tebing Rumah warga Desa, mengakibatkan retaknya sebagian rumah warga dan membahayakan untuk di huni.

Melalui Babinsanya Danramil 06/ Kalibening Kapten Kav Eman Kusnadi menyampaikan ” Musim hujan haruslah kita bersama sama waspada akan pergerakan tanah karena sebagian besar warga Desa Sinduaji bertempat tinggal di kemiringan tanah, itu sangat membahayakan bagi penduduk setempat.
Terlebih sekarang musim penghujan dan intensitas hujan cukup besar, mari bersama sama menjaga lingkungan agar bisa mencegah adanya bencana tanah longsor” pungkasnya Salah satu warga Muhyat (70) menyampaikan rasa harusnya karena perhatian Koramil 06 / Kalibening terlebih Para Babinsanya yang sering membantu masyarakat seperti saat ini, dan dia pun merasa dekat dengan TNI karena dengan seringnya Babinsa Berkeliling di desa bukan dalam hal bencana tetapi dalam segala bidang” Pungkasnya.

Baca Juga..!  Musim Hujan, Babinsa Harus Peka Perkembangan wilayah Binaannya

(Pendimbna).

Facebook Comments