Selasa, November 12, 2019
Bantentangerang

Polresta Bandara Soetta Gelar Pemusnahan Barang Bukti Narkoba

TANGERANG | BANTEN, suaramedia.id – Satuan Reserse Narkoba Polres Kota Bandara Soekarno Hatta menggelar pemusnahan barang bukti (Bb) dari 8 Laporan Polisi periode Bulan Maret sampai dengan Mei 2019, pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar mempergunakan alat berupa lncenerator Mobile dengan panas 1500 Celcius, sehingga barang bukti dipastikan terbakar habis.

Kapolresta Bandara Soetta, Kombes Pol Victor Togi Tambunan, SH, SIK, didampingi perwakilan Kejaksaan Tangerang, Dirjen Bea Cukai Bandara Soetta, Kasat Narkoba Polresta Bandara Soetta, Kompol Arif Ardiansyah, SIK, Karantina Bandara Soetta, kantor pos udara, menyampaikan, bahwa pihaknya melakukan pemusnahan barang haram narkotika jenis shabu-shabu.

“Jumlah keseluruhan BB yang dimusnahkan, diantaranya, Shabu-Shabu, 4453,22 Gram (Empat Ribu empat ratus lima puluh tiga koma dua puluh dua). Ketamine  1.188 Gram (Seribu seratus delapan puluh delapan). Tembakau Sintetis : 43,44 Gram (Empat puluh tiga koma empat puluh empat). Ganja : 776 Gram (Tujuh ratus tujuh puluh enam),” terangnya dalam konferensi pers di Polresta Bandara Soetta, Kamis (4/6/19) Siang.

“Jumlah tersangka 10 orang dengan rincian : Jenis Kelamin Laki-lali ada 7 orang Perempuan ada 3 orang. Warga Negara lndonesia ads 6 orang WNA 4 orang asal Nigeria, Afrika Selatan, Gambia, Pantai Gading. Pasal yang dilanggar. Pasal 114 ayat (2) Subsider Pasal 113 ayat (2) lebih subsider Pasal 112 ayat (2) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pasal 196 dan pasal 197 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Kesehatan,” imbuhnya.

Lebih jauh, perwira Polri dengan ‘Melati Emas’ tiga dipundaknya yang khas dengan senyum simpul humanisnya itu, menambahkan, Barang bukti berupa, 7 (tujuh) buah plastik Narkotika jenis Shabu dengan berat brutto 47,22 (Empat puluh tujuh komka dua puluh dua) gram yang disita didalam kamar kos diwilayah Penjaringan, Jakarta Utara, dari Tersangka inisial AR dan GJ.

Baca Juga..!  Tersangka Penganiayaan Istri Wartawan jalani Sidang Perdana Di PN Biereun

Barang bukti berupa, satu buah paket melalui Kantor Pos Cargo Bandara Soekarno Hatta yang di dalamnya terdapat diduga Narkotika jenis Shabu dengan berat brutto 512 (Iima ratus dua belas) gram, selanjutnya dikembangkan melalui Control Delivery ke Nusa Tenggara Barat (NTB), didapati pemilik paket tersebut dengan inisial YS dan Y.

Barang bukti berupa, satu buah plastik yang disimpan di dalam koper yang berisi diduga Narkotika jenis Shabu sebanya 1.994 (Seribu sembilan ratus sembilan puluh empat) gram, Tersangka WNA Nigeria, OOC. Barang bukti berupa, satu buah paket melalui Regulated Agent (RA) AP2 Cargo Bandara Soekarno Hatta yang di dalamnya berisikan diduga narkotika golongan 1 jenis Ganja dengan berat brutto 776 (tujuh ratus tujuh puluh enam) gran, selanjutnya dikembangkan melalui Control Delivery ke Bali dan didapati pemilik paket tersebut dengan inisial RA

Barang bukti berupa. 3 buah kantong plastik yang bersisi Tembakau Sintetis dengan berat brutto 43,44 gram dari Tersangka MRH. Barang bukti berupa  8 buah plastik putih yang disimpan di dalam sang burung walet yg diduga berisi kesediaan farmasi jenis Ketamine dengan berat brutto 1.188 (seribu seratus delapan puluh delapan) oleh Tersangka WNA Afrika Selatan, SEH

“Barang bukti berupa 61 Butir kapsul plastik putih yang di dalamnya berisi kn’stai bening diduga Narkotika jenis Shabu dengan berat brutto 1.217 (Seribu dua ratus tujuh belas) Gram yang dibawa dengan cara ditelan (Swallow) dan di masukan (lnseted) ke dalam kemaluan oleh Tersangka WNA inisial MSM. Barang bukti berupa  47 butir kapsul putih yang di dalamnya berisi kristal bening diduga Narkotika gol l jenis Shabu dengan berat brutto 683 (enam ratus delapan puluh tiga) gram yang dibawa dengan cara ditelan (Swallow) oleh tersangka WNA asal Pantai Gading, inisial TB,” bebernya lengkap.

Baca Juga..!  Padepokan TTKKDH Pusaka Banten Fokus Lestarikan Tradisi

Menurut Orang nomor satu di jajaran Polresta Bandara Soetta yang dikenal publik tegas dalam penegakan hukum tanpa tebang pilih namun ramah nan humanis ala ‘Kapolresta Millenial’ itu, kembali memaparkan, perkiraan korban atas pengungkapan itu, Sat Resnarkoba Polresta Bandara Soetta berhasil menyelamatkan Methapetamine I Shabu seberat 4.453.22 gram brutto dengan asumsi Bila 1 gram Shabu dikonsumsi oleh 4 oranng sampai dengan (s/d) 8 orang maka 35.625 orang anak bangsa dapat diselamatkan dari Jeratan Narkoba (Shabu).

“Ketamine seberat 1.188 gram dengan asumsi Bila 1 gram Ketamine dikonsumsi oleh 4 s/d 8 orang mata 9.5M orang anak bangsa dapat diselamatkan dari Jeratan Ketamine. Tembakau Sintetis seberat 43,44 Gram Bila 1 gram Tembakau Sintetis dikonsumsi oleh 4 s/d 8 orang maka 347 orang anak bangsa dapat diselamatkan dari jeratan Tembakau Sintetis. Ganja seberat 776 Gram Bila 1 gram Tembakau Sintetis dikonsumsi oleh 4 s/d 8 orang maka 8.200 anak bangsa dapat diselamatkan dari jeratan Ganja,” pungkasnya.

(By)

Facebook Comments