BLT Desa Cair, 164 orang warga Desa Kangayan terima masing-masing Rp.600 Ribu

SUMENEP | JATIM, suaramedia.id – Pemerintah Desa Kangayan Kecamatan Kangayan, Kabupaten Sumenep pada hari Selasa (9/06/2020) menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap pertama. BLT-DD sebesar Rp. 600.000 diserahkan kepada 164 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sekretaris Kecamatan Kangayan, Nurullah, SH menuturkan, acara penyerahan BLT-DD untuk warga desa Kangayan dilaksanakan di Balai Desa dan dihadiri forpimka. Kehadiran formpimka, menurutnya, dapat diterjemahkan sebagai upaya memupuk sinergisitas dengan warga masyarakat.

“Kehadiran kami (Forpimka) dalam acara penyerahan BLT-DD di Kecamatan Kangayan ini merupakan bentuk sinergisitas kami dengan masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya preventif guna memotong mata rantai penyebaran Virus Corona”, Ucap Nurullah SH, Kepada suaramedia.id Selasa (9/06/2020).

Sekcam Kangayan ini mengatakan ia sendiri yang menyerahkan BLT-DD kepada setiap Keluarga Penerima Manfaat. Setelah penyerahan bantuan, tambah Nurullah, acara dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi penanganan dan pencegahan penyebaran Corona Virus Diseases (Covid-19) kepada masyarakat.

“Merupakan kehormatan bagi saya, bisa menyerahkan BLT-DD secara langsung kepada keluarga penerima manfaat. Setelah penyerahan ini selesai, acara dilanjutkan dengan sosialisasi penanganan dan pencegahan COViD-19”, ujarnya.

Selain itu, Nurullah menyampaikan beberapa kriteria warga desa yang dapat menerima BLT-DD. Menurutnya, penerima BLT-DD adalah warga desa yang tidak mendapatkan bantuan PKH, BST, BNT dan bantuan sosial lainnya dari pemerintah.

“Penting diketahui, tidak semua warga desa dapat menerima BLT-DD ini. Hanya warga desa yang tidak tercatat sebagai penerima bantuan lain, kecuali BLT-DD”, bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Kangayan, Arsan mengungkapkan, Realisasi BLT-DD di desanya dilaksanakan sesuai hasil verifikasi data yang dilakukan terhadap warga yang tidak tercatat sebagai penerima bantuan lain seperti PKH, BST dan BNT.

Baca Juga..!  PSBB di Kabupaten Tangerang Mulai 18 April, Warga Terdampak Dapat Bantuan Rp 600.000

“Saya sudah melakukan pendataan penerima BLT-DD yang memang diperuntukkan bagi warga desa yang belum menerima bantuan apapun dari pemerintah,” Ucap Arsan kepada suaramedia.id pada Selasa (9/06/2020).

Ia berharap BLT-DD yang telah disalurkan kepada 164 warganya, dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok selama pandemi Covid-19.

“saya harap, warga desa yang telah menerima bantuan ini dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan pokok, sebab bantuan ini sifatnya sementara, hanya tiga bulan selama masa pendemi Covid-19,” Pungkasnya.

(Msr)

Facebook Comments