Selasa, November 12, 2019
Jawa Tengahtegal

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 Di Kota Tegal dilaksanakan Dengan Penuh Hikmat

TEGAL | JATENG, suaramedia.id – Hari Pahlawan merupakan momen bersejarah bagi Indonesia yang diperingati melalui berbagai kegiatan seperti upacara bendera, ziarah ke makam pahlawan, dan pembagian bingkisan  kepada para Veteran Kota Tegal bertempat di Alun-alun Kota Tegal, Minggu (10/11/19)

Hari Pahlawan perlu diperingati karena pada tanggal tersebut rakyat dengan penuh semangat bersatu padu mengusir penjajah yang berniat mengambil kekuasaan di Indonesia.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0712/Tegal Mayor Inf Akhmad Aziz mewakili Dandim 0712/Tegal serta Forkopimda Kota Tegal lainya seperti Walikota Tegal : H. Dedy Yon Supriyono. S.E., M.M, Wakil Walikota Tegal : M. Jumadi. S.T., M.M, Kapolres Tegal Kota : AKBP Siti Rondhijah S.Si M.Kes, Danlanal Tegal : Letkol Mar Ridwan Azis, Mtr. Hanla, CHRMP, Kadis Ops Satrad 214 Tegal : Mayor Lek Hartono S.T, Ketua Pengadilan Negeri Kota Tegal : Djoni Witanto SH.MH, Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Tegal : Indra Abdi Perkasa, SH, Ketua DPRD Kota Tegal : Kusnendro. S.T Pj. Sekda Kota Tegal : Drs. Imam Badarudin MM, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Camat dan Lurah Sekota Tegal, Danramil Kodim 0712/Tegal Wilayah Kota Tegal dan Kapolsek Polres Tegal Kotaserta jajaran OPD Kota Tegal

Dalam sambutan Mentri Sosial RI yang dibacakan oleh Walikota Tegal  H. Dedy Yon Supriyono. S.E., M.M menyampaikan Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

Dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “….hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar….”. Selain itu Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Baca Juga..!  Kasdim Tegal, Olahraga Merupakan Kebutuhan

Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju.

(Nrs*)

Facebook Comments