Bantentangerang

Tokoh Terbaik Penggagas Provinsi Banten H. Muchtar Mandala Meninggal Dunia

TANGERANG | BANTEN, suaramedia.id – Innalillahi Wainna Ilaihi Roji’un. Salah satu tokoh pengggas pendirian Provinsi Banten H Muchtar Mandala wafat di RS Siloam, Karawaci, Kota Tangerang, Kamis (6/8/2020).

Pria Kelahiran 5 Juni 1945 H. Muchtar Mandala tidak bisa di pisahkan dengan Provinsi Banten, merupakan salahsatu penggagas berdirinya Provinsi Banten yang memisahkan dari Provinsi Jawa barat.

Berdasarkan informasi dari pihak keluarga, jenazah Tokoh Banten Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini akan dikebumikan sore ini dikediamannya di Kampung Nyi Mas Ropoh, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang.

Nama Muchtar Mandala tidak bisa dipisahkan dari proses pembentukan Provinsi Banten. Pria Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini kerap menjadikan rumahnya sebagai tempat rapat musyawarah para tokoh Banten menggagas pendirian Provinsi Banten.

Pada 8 Januari 2000 misalnya, Kampung Nyimas Ropoh dijadikan tempat Deklarasi yang dinamakan Deklarasi Nyi Mas Ropoh yang dibacakan oleh Encep Daden Ibrahim, Ketua DPRD Pandeglang dengan didampingi oleh ketua-ketua DPRD se Banten sebagai pertanda dukungan resmi dari semua Ketua DPRD Tingkat II Karesidenan Banten atas pendirian Provinsi Banten.

(Fitra Hadi)

Facebook Comments
Baca Juga..!  Mengenal Visi Misi Nunung Nuryaman, Caleg Hanura Dapil V Kota Tangerang