Rabu, Oktober 2, 2019
BantenLebak

TMMD Ke-106 Resmi Dibuka

LEBAK | BANTEN, suaramedia.id – Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menghadiri sekaligus membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-106 Kodim 0603 Lebak Tahun Anggaran 2019 yang berlangsung di Lapangan Kampung Kopi, Desa Cipadang, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Rabu (2/10/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut Danrem 064/Maulana Yususf, Asisten Kodam III/Siliwangi, DAN Grup I Kopasus, Danlanan Banten, Danyon Mandala Yudha, Dandim dan Kabalak jajaran Korem 064 Maulana Yusuf, Dandodiklatpur Rindam III/Siliwangi, Kepala DPMD Provinsi Banten, Dandim 0602/Lebak, Kapolres Lebak, Organisasi Kepemudaan dan Tokoh Masyarakat.

TMMD Ke- 106 Tahun 2019 kali ini akan menghubungkan Desa Cipadang – Desa Pasindangan sepanjang 7 Km.

Dalam sambutannya, Bupati Lebak menyampaikan rasa bahagia dan bangga atas akan dilaksanakannya kegiatan TMMD Ke-106 Tahun 2019 di Kabupaten Lebak yang dimulai sejak Tanggal 2 Oktober sampai 31 Oktober 2019 di 2 (dua) lokasi yaitu Desa Cipadang dan Desa Pasindangan Kecamatan Cileles.

“Kami Atas nama Pemerintah Daerah dan
masyarakat Kabupaten Lebak, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap aparat Tentara Nasional Indonesia khususnya wilayah Kodim 0603 Lebak atas keterlibatannya dalam banyak agenda Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Iti juga menjelaskan, bentuk sinergitas yang telah dibangun Pemkab Lebak bersama TNI diantaranya adalah sukses raihan Adipura, yang telah sekian lama perjuangkan dan akhirnya berlabuh di Bumi Multatuli peran lain yang sangat terasa yakni kesinggapan TNI dalam penanganan berbagai tanggap bencana yang khususnya yang terjadi di Kabupaten Lebak.

“kegiatan-kegiaan yang melibatkan TNI, termasuk TMMD ini pada daasarnya merupakan kegiatan bertujuan menggelorakan kembali semangat gotong royong, cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta ketahanan
nasional guna menjaga Negara Kesatuan
Republik Indonesia dan bakti kepada
masyarakat. TNI bersama rakyat, negara
kuat,” ungkap Iti.

Baca Juga..!  Fadlan, Balita Penderita Tumor Gulatomi Butuh Uluran Tangan

Diakhir sambutannya Iti menyampaikan pesan khususnya kepada masyarakat Desa Cipadang dan Desa Pasindangan untuk berpartisipasi aktif baik dalam kegiatan fisik dengan swadayananya maupun kegiatan non fisik dengan mengikuti kegiatan penyuluhan serta dapat memelihara dan melestarikan dan memanfaatkan hasil dari kegiatan TMMD ini.

Sementara itu, Danrem 064/MY Banten Kolonel Inf Windiyatno menjelaskan, dipilihnya lokasi TMMD di Kecamatan Cileles merupakan hasil evaluasi berdasarkan kunjungan sebelumnya.

Menurut Danrem 064/MY Banten, daerah tersebut membutuhkan infrastruktur jalan dimana salah satunya guna membuka wilayah masyarkat yang terisolir sehingga bisa terbuka dan dapat menjual hasil buminya dengan biaya transportasi lebih murah serta mempersingkat jarak tempuh bagi anak-anak menuju sekolah yang sebelumnya harus melingkari kebun karet dengan jarak yang cukup jauh.

“Support dari Pemerintah Daerah Lebak sangat besar, Kami juga berterima kasih karena dalam pelaksanaannya kegiatan ini dapat berlangsung lancar karena dari awal sudah terintrgitas dengan Pemkab Lebak,” kata Danrem 064/MY Banten.

Setelah melaksanakan upacara pembukaan TMMD, Bupati Lebak beserta jajaran TNI mengunjungi pos-pos pelayanan masyarakat yang disediakan dalam kegiatan TMMD Ke-106 Tahun 2019.

Untuk diketahui, Program TMMD Ke-106 akan dilakukan pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk sasaran pembangunan fisik berupa pembukaan jalan sepanjang 7 Km dengan lebar 8 M , Pengerasan Jalan P. 7 Km L. 3 M, pembuatan gorong-gorong 2 unit, Pebuatan Turap 80 M, pembuatan plat duiker 2 unit, pembangunan drainase P 7 Km.

Sedangkan untuk sasaran non fisik, berupa Pelayanan Kesehatan dan KB, Penyuluhan Pertanian, Agama, Kamtibmas, Bela Negara, Hukum, Lingkungan Hidup, Kesehatan, Hama Tanam, Wajib Belajar 12 Tahun, Jaringan Irigasi Desa, Listrik Desa, Reboisasi Hutan, Kerukunan beragama, Pemberian Pemerintahan Desa, serta Pelayanan Koperasi dan UKM, Administrasi Kewarganegaraan, dan Perindustrian Desa.

Baca Juga..!  TMMD REG 103 Jadi Outing Positif Saling Asah, Asih dan Asuh Bagi Pelajar

Untuk sasaran tambahan berupa Rehab Rumah Tidak Layak Huni 3 Unit, Pembuatan Sumur Bor 2 Unit, Rehab Masjid 1 Unit dan Pembuatan Tugu TMMD 1 Unit.

Pewarta : (By Gone)

Facebook Comments