Bantentangerang

Taddabur Qur’an Kajian Jum’at bersama Ustad. Ridwan,Lc

السلام علیکم و رحمة الله و بركاته

Kita lanjutkan surat ar rahmannya ya..
Ayat 6
وَالنَّجْمُ وَالشَّجَرُ يَسْجُدَانِ…

TANGERANG | BANTEN, suaramedia.id – Di antara nikmat juga bagi hamba adalah bintang yang Allah ciptakan sebagai penghias langit dan sebagai panah-panah bagi setan, seperti yang disampaikan dalam surat al mulk ayat 5:
وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَجَعَلْنَاهَا رُجُومًا لِلشَّيَاطِينِ ۖ وَأَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيرِ

Dan sungguh, telah Kami hiasi langit yang dekat, dengan bintang-bintang dan Kami jadikannya (bintang-bintang itu) sebagai alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka azab neraka yang menyala-nyala.

dan juga sebagai petunjuk di kegelapan malam baik di daratan maupun di lautan. Allah berfirman dalam surat an nahl ayat 16:
وَعَلَامَاتٍ ۚ وَبِالنَّجْمِ هُمْ يَهْتَدُونَ

dan (Dia menciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang mereka mendapat petunjuk.

Dan di antara nikmat dari pepohonan yang tumbuh di bumi dan yang Allah tetapkan keseluruhannya tidaklah Allah tetapkan kecuali diberikan beban yang sesuai, sama dengan para makhluk Allah yg lain yang sujud kepada Allah dengan sujud yang hakiki yang tidaklah mengetahui sujudnya kecuali hanya Allah, begitu juga bertasbihnya seluruh makhluk. Allah berfirman dalam surat al Haaj 18:
أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَكَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ۖ وَكَثِيرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُ ۗ وَمَنْ يُهِنِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ مُكْرِمٍ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ ۩

Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

Baca Juga..!  Kabid Kum Polda Banten, Tingkatkan Silaturahmi kepada tokoh Ulama

Maka teman-teman sekalian, itulah makhluk makhluk Allah, yg ternyata mereka semua bersujud kepada Allah mengikuti perintah Allah SWT.. Padahal mereka disediakan untuk kita, manusia, sesuai dengan firman Allah dalam surat al Baqarah ayat 22:

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ ۖ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

(Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui.
Dan surat al Mulk ayat 15:

هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ ۖ وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.

Berarti semuanya sudah Allah siapkan untuk kita apa2 yg ada di bumi ini.. Sementara kita diciptakan untuk Allah atau ibadah dan mentauhidkanNya dan tidak menduakan Allah dalam beribadah. Maka jelaslah sudah.. Bahwa tujuan kita adalah Allah, dan bukan yg lain.. Semoga tetap di jalanNya… Amiin..

(Sofyan/Red)

Facebook Comments