Banten

SMPN 2 Rangkasbitung Wakili Lebak Pada Kejuaran Sekolah Sehat Tingkat Propinsi Banten

LEBAK | BANTEN, sm.id – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, pada tahun 2018 ini berkesempatan mengikuti kejuaran Prilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Sekolah Sehat, Tingkat Propinsi Banten.

Seperti diketahui Sekolah adalah tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar secara formal, dimana terjadi transformasi ilmu pengetahuan dari para guru atau pengajar kepada anak didiknya, Karena itu sekolah memegang peranan penting dalam pendidikan, hal ini berpengaruh besar pada jiwa anak, maka disamping keluarga sebagai pusat pendidikan, sekolah juga mempunyai fungsi sebagai pusat pendidikan untuk pembentukan pribadi anak

Perilaku Hidup Bersih Sehat di sekolah, adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktekkan PHBS dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat.

Kepala Sekolah SMPN 2 Rangkasbitung Evi Herdhiana mengatakan, Indikator PHBS di institusi pendidikan/sekolah tentunya harus diterapkan diantaranya meliputi banyak indikator.

“Seperti Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olah raga yang teratur, memberantas jentik nyamuk, Tidak merokok di sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan dan membuang sampah pada tempatnya,”kata Kepala Sekolah Evi Herdhiana ditemui suaramedia.id diruangannya, Selasa (23/10/18).

Menurutnya, beberapa indikator tersebut harus dapat dipenuhi untuk mewujudkan sekolah yang sehat, sehingga akan mewakili dikejuaran Sekolah Sehat tingkat Provinsi se-Banten.

“Alhamdulillah sekolah Kami dipercaya untuk mengikuti perlombaan tingkat provinsi dan hal ini pun Asda III bersama para OPD terkait, seperti dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian serta Camat berkesempatan mengunjungi sekolah kami,” ujarnya.

Lebih lanjut Evi mengatakan, Pemerintah Daerah bersama unsur terkait sangat mengapresiasi terhadap sekolahnya dengan mengambil langkah mengunjungi dan turut membantu memenuhi kekurangan dan kebutuhan lainya demi terwujudnya SMPN 2 menjasi sekolah yang sehat.

Baca Juga..!  Kejar Target Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, BPN Cilacap Gandeng Satuan Kodim 0703/Cilacap

Selain itu dirinya juga berharap, SMPN 2 Rangkasbitung mendapatkan hasil yang terbaik dikejuaran PHBS Sekolah Sehat seprovinsi Banten nanti.

“Semoga ini menjadi sebuah momentum bagaimana Kita dapat bersinergi sesuai yang menjadi harapan Bupati Lebak, intinya Kita berharap anak-anak lulusan SMP 2 ini bisa menerapkan dilingkungannya, seperti di rumah dan semoga program PHBS ini bisa terus berkesinambungan.

Pewarta : AditMS

Facebook Comments