Selasa, November 12, 2019
Jawa Tengah

“Pohon Keramat” Dulunya Angker Kini Jadi Tempat Foto Berkat TMMD

BATANG | JATENG, sm.id – Pohon Jati Pandawa Lima namanya, usia ratusan tahun. Banyak orang Batang sendiri pun yang tidak tahu bahwa batang tersebut menjadi saksi bisu musibah tanah bergerak dan longsor yang pernah terjadi di wilayah Desa Durenombo Kecamatan Subah.

Masyarakat tidak tahu persisnya, namun yang jelas kejadiannya ratusan tahun seusia pokok tersebut. Dua dusun yang pernah ada, Kwarasan dan Karangsuwung pernah tertimbun longsoran. Penduduk yang selamat mengungsi ke tempat yang lebih aman dan mendirikan dusun yang diberi nama Durensari Desa Durenombo.

Pun dengan aksesnya, jalan pendekat yang dulunya ada menghubungkan kedua dusun dengan desanya (Durenombo) juga terimbas longor sehingga terputus sampai sekarang. Hadirnya TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang, menjawab sudah impian banyak warga Durensari (generasi dua dusun yang hilang), dengan pembukaan jalan dengan membelah bukit serta mengaspalnya sepanjang 2.359 meter. Benar-benar akan menjadi sarana yang mengakselerasi peningkatan kesejahteraan ekonomi, pendidikan serta jalur terdekat mendapatkan fasilitas kesehatan.

Dulu warga juga takut melewati pohon yang terletak diatas bukit dan berada di tepian aspal baru, karena lokasinya sangat sepi dan banyak gangguan. Setelah dilaksanakan upacara sedekah bumi oleh masyarakat setempat yang dipimpin Kadus Durenombo, Fahrudin (53), pengerjaan jalan dapat diselesaikan oleh Satgas TMMD bersama warga. Karena sebelumnya beberapa armada pengangkut material TMMD dan 1 unit excavator yang bekerja membuka jalan, mengalami kerusakan di titik tersebut.

Kini pohon keramat telah menjadi icon baru selain Prasasti TMMD dan diharapkan menjadi destinasi wisata spiritual. Terlihat Kasrem 071 Wijayakusuma Letkol Inf. Letkol Inf Heri S mewakili Danrem, Wakil Bupati Suyono, Dansatgas/Dandim Letkol Kav. Henry R.J Napitupulu, dan Wakalpores Batang Kompol Heru, serta jajaran Muspika maupun perangkat desa dan warga setempat berfoto bersama di pohon keramat mendampingi asistensi TMMD, Brigjen TNI Yulius Selvanus (Ketua Tim Asistensi Mabes TNI) meninjau sejumlah sasaran TMMD Reguler 103 Batang.

Baca Juga..!  Babinsa Kersana Brebes, Ajarkan Disiplin Itu Indah Ke SMKN I Kersana

Pewarta : Aan

Facebook Comments