Jawa TengahKebumen

Pelda Satiman : Memberantas Sarang Nyamuk dengan Melakukan 3M Plus

KEBUMEN | JATENG, suaramedia.id – Sebagai bentuk antisipasi berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti, penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Puring, Koramil 18/Puring, Kodim 0709/Kebumen, Pelda Satiman bersama unsur Forkompincam Kecamatan Puribg dan petugas Puskesmas menggelar rapat sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus yang berlangsung di Balai Desa Kaleng, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Selasa (28/20).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Puring Drs. Supriyadi, Kepala Puskesmas dr. Toufiq, Bhabinkamtibmas Bripka Herdana, Babinsa Koramil 18/Puring Pelda Satiman, dan diikuti tim dari Puskesmas serta Kepala Desa se Kecamatan Puring.

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan 3M Plus, diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur serta mendaur ulang atau memanfaatkan barang barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya (Breading Place) jentik nyamuk Aedes Aegpty sp atau yang biasa kita kenal sebagai nyamuk demam berdarah (DBD).

Kepada Puskesmas Puring dr. Toufiq dalam kesempatan tersebut, mengingatkan untuk selalu menjaga pola makan sehat dan kebersihan diri demi terciptanya hidup sehat. “Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat jangan sembarangan makan, tidur yang cukup, makan-makanan sehat, sebanyak mungkin makan sayur dan buah-buahan. Kalau mau hidup sehat maka pola hidupnya juga harus sehat, Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga kesehatan diri kita” terangnya.

“Tujuan PSN ini untuk meningkatkan angka bebas Jentik (ABJ) sehingga masyarakat terbebas dari Penyakit DBD,” ujar dr. Taufia”

Lebih lanjut, pada kesempatannya Babinsa Pelda Satiman menuturkan, “Faktor lain banyaknya genangan air yang dibiarkan warga sehingga memudahkan nyamuk Aedes Agepty bertelur, serta belum membudayanya gerakan PSN di masyarakat sehingga optimalisasi pengawasan pelaksanaan gerakan PSN di perlukan dengan dukungan dari semua pihak,”tutur Pelda Satiman.

Baca Juga..!  Koramil Tonjong Bantu Berantas Sarang Nyamuk

Seusai rapat sosialisasi, kegiatan dilajutkan dengan pengecekan jentik jentik nyamuk dan pemasangan stiker ke rumah warga setempat. Seluruh elemen masyarakat sangat antusias menyambut kegiatan ini, bahkan mereka juga turut membantu pelaksanaan kegiatan pembersihan sarang nyamuk. Warga sangat terbantu atas kegiatan yang diadakan unsur forkompincam Kecamatan Puring, sebab dengan demikian dapat mencegah jatuhnya korban akibat DBD.

(Sty-red)

Facebook Comments