BantenLebak

Ombudsman Temukan Sektor Layanan Dasar Di Lebak Buruk

LEBAK | BANTEN, suaramedia.id – Ironis, sektor pelayanan publik paling mendasar di Kabupaten Lebak diklaim buruk. Hal ini diungkapkan Dedy Irsan, Ketua Ombusman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Banten, dimana hasil penelitian Ombudsman, akses pelayanan publik dasar untuk wilayah tertinggal (Marjinal-red) di klaim buruk.

“Dari hasil observasi lapangan ditemukan, bahwa masih terdapat  beberapa wilayah di Kabupaten Lebak. Masyarakat yang masih kesulitan untuk mengakses Pelayanan Publik Dasar seperti Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur yang memadai,” kata Dedy Irsan, Jum’at (10/7/2020).

Dikatakan Dedy, masyarakat marjinal di wilayah Lebak, masih banyak yang kesulitan untuk pergi ke sekolah. Hal itu, disebabkan tidak semua Kecamatan memiliki SMAN dan tidak semua Desa memiliki SMPN.

Selain itu, kata Dedy letak sekolah berada di Pusat Kecamatan, sementara itu jarak tempuh menuju lokasi cukup jauh dan tidak ada transportasi.

“Kondisi akses jalan masih rusak parah, sama halnya dengan pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas hanya berada di Kecamatan dan di Desa-Desa hanya ada Puskesdes namun tidak semua beroperasi karena tidak ada tenaga kesehatan,” tutur Dedy.

Saat ini, Ombudsman Banten memberikan catatan kepada Bupati Lebak, agar segera menyusun dan melakukan evaluasi program dalam upaya memenuhi kebutuhan pelayanan publik dasar secara berkala serta berkesinambungan.

Tak hanya itu, Dedy juga menyarankan agar Pemkab Lebak memastikan bahwa petugas medis dan tenaga pendidik di tingkat dasar dan menengah, harus yang profesional dan kompeten di bidangnya, agar semua berjalan lancar.

“Masih banyak masyarakat di pedalaman yang sulit mengakses pendidikan dan kesehatan. Intinya Pemkab Lebak harus bisa memfasilitasi mobil antar jemput bagi warga yang ingin menuju rumah sakit atau pendidikan,” harapnya.

Baca Juga..!  PWI Lebak Dapat Bantuan Alat Semprot Disinfektan

Meresfon hal tersebut, Bupati Lebak, Iti Octavia Jaya mengaku sudah berupaya membangun Lebak, melalui program yang sudah ditentukan.

” Selama ini Kami sudah berupaya membangun Lebak. Namun kami berjanji, akan menuntaskan tenuan dan catatan Ombusman tersebut,” ujarnya.

Pewarta : (By Gone)

Facebook Comments