Jawa TengahKlaten

Liben Gelar Pameran Hari Peduli Sampah Nasional

KLATEN | JATENG, suaramedia.id – Seniman muda asal KlatenTemanku Lima Benua memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Sanggar Lima Benua di kawasan Desa Belangwetan Klaten, Senin (22/2/2021).

Menurut wanita yang akrab disapa Liben itu, Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Pebruari untuk mengingatkan tragedi Leuwigajah pada tahun 2005 agar jangan sampai terulang lagi.

Menurut Liben, ia dibantu teman-temannya berhasil menyelesaikan gambar dengan media kertas, arang dan injet sepanjang 32,4 meter. Ia menambahkan, bahan yang digunakan semuanya berasal dari bahan-bahan bekas.

Gambar tersebut menurutnya menceritakan dimulainya peresmian TPA Leuwigajah hingga terjadinya tragedi longsor dengan korban jiwa 154 orang.

“Itu merupakan tragedi terbesar nomor dua di dunia setelah tragedi longsor Payatas di Filipina pada 10 Juli 2000 lalu,” katanya.

Ia menambahkan, di saat pandemi seperti ini ada sampah yang lebih berbahaya yaitu sampah medis yang jika tidak dikelola dengan benar akan menimbulkan masalah baru.

Meskipun pembakaran atau insenerasi dulu pernah dilarang karena asap dan abunya bisa menimbulkan limbah B3 (bahan beracun dan berbahaya).

“Kami berharap pemerintah memberikan perhatian khusus pada (pengelolaan limbah medis terutama pada masker dan APD yang sekali pakai,” pungkasnya.

Pewarta : SIS

Facebook Comments
Baca Juga..!  Ormas di Klaten Tolak Paham Radikalisme