brebesInfoJawa Tengah

Lapangan Tembak TNI Brebes Selesai, Syukuran Sederhana Digelar

BREBES | JATENGsuaramedia.id – Setelah melewati perjalanan waktu yang cukup panjang sejak mulai dibangun pada Maret 2018 lalu, akhirnya Lapangan Tembak Kodim 0713 Brebes yang berlokasi di di Jalan Raya Pejagan-Bumiayu, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, selesai dibangun.

Tampak Dandim, Letkol Infanteri Faisal Amri, SE, menggelar acara syukuran di warung milik masyarakat yang berada di tepi jalan lapangan tembak, dengan dihadiri Camat Songgom Mochamad Sodiq, Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim Kapten Kavaleri Eko Rudianto, Danramil 17 Songgom Kapten Infanteri Sutarno, Kapolsek Songgom, Kepala Desa Songgom Sahuri, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat. Rabu sore (4/3/2020).

Dibenarkan Pasi Ops Kodim Brebes bahwa acara sederhana itu tidak jadi dilangsungkan di tenda yang telah didirikan di lapangan tembak karena hujan deras mengguyur sejak pukul 14.00 WIB.

Dandim mengatakan bahwa syukuran guna memohon keselamatan bersama sehingga nantinya lapangan tembak ini bermanfaat bagi anggota Kodim khususnya dalam memelihara kemampuan menembak serta mengasah keterampilan menembak bagi instansi/pihak lainnya seperti Polres, KONI dan klub-klub yang bernaung di bawah Perbakin Brebes.

“Besok (5/3), rencananya lapangan tembak ini akan mulai digunakan dalam program latihan menembak Triwulan pertama TA. 2020,” tutur Faisal Amri kepada Suaramedia.id.

Ditambahkannya, dengan demikian Kodim Brebes ke depan tak perlu lagi harus keluar wilayah Brebes untuk berlatih setiap Triwulannya. Pasalnya, sebelumnya harus meminjam lapangan tembak milik Yonif 407 Padmakusuma, di Jalan Raya Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Puncak acara adalah dilaksanakan doa yang dipimpin Ustadz R. Samsul Arifin (35) dari Desa Jatimakmur, Songgom, dan diakhiri dengan ramah tamah.

Untuk diketahui, Kedua lapangan tembak itu dibangun diatas bekas Lapangan Terbang TNI AD seluas 11,6 hektar.

Baca Juga..!  Kinerja TNI Brebes Dalam Membina Teritorial, Juga Dievaluasi Inspektorat TNI

Proses pembangunan diawali dengan menguruk lapangan dengan tanah timbun swadaya kodim dan rekanan, kemudian membuat lapangan tembak laras panjang 100 meter dengan membangun tanggul tanah letter U setinggi 8 meter serta memasang 2.000 ban bus bekas sebagai tambahan tanggul pengamanan.

Selanjutnya pembuatan tanggul lapangan tembak pistol letter U sepanjang 40 meter lebar 20 meter dengan ketinggian tanggul keliling 4 meter, dan diakhiri dengan pemasangan ban bus bekas, juga untuk menjamin keamanan masyarakat/petani saat digelarnya latihan menembak. Pewarta : (Utsm-Aan)

Facebook Comments