Aceh barat

Korem 012/TU Gelar Penyuluhan KB Kesehatan

ACEH BARAT, sm.id – Guna mendukung program pemerintah dibidang kependudukan utamanya masalah Keluarga Berencana (KB), Korem 012/TU melaksanakan kegiatan penyuluhan KB Kes, bertempat di aula Makorem setempat, Jumat (09/11/2018).

Acara penyuluhan tersebut dimulai pukul 08.00 WIB turut dihadiri oleh narasumber Jufra Fonna, SKM, M. Kes, Kasiter Korem 012/TU Letkol Inf Adhe Hansen, Perwira Korem dan para prajurit beserta Persit Korem 012/TU.

Adapun tema yang diusung “Melalui Kegiatan KB Kesehatan, Kita Wujudkan Sinergitas Antara TNI, Pemerintah dan BKKBN Dalam Usaha Peningkatan Kualitas Kesehatan Guna Meningkatkan Taraf Hidup dan Kesejahteraan Masyarakat di Daerah”.

Dalam sambutan tertulis Komandan Korem (Danrem) 012/TU Kolonel Inf Aswardi, SE yang dibacakan oleh Kasiter Korem 012/TU Letkol Inf Adhe Hansen mengatakan bahwa KB Kesehatan adalah salah satu bentuk kontribusi TNI dan BKKBN serta mitra kerja lainnya untuk membangun kependudukan Indonesia.

“Agar tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia, sehingga bangsa Indonesia secara keseluruhan akan menjadi bangsa yang kuat sejahtera adil dan makmur,” ungkapnya.

Dikatakannya, tantangan terberat dalam menyelesaikan masalah kependudukan saat ini adalah belum tercapainya keseimbangan antara jumlah penduduk.

“Secara umum tujuan Keluarga berencana adalah meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan NKKBS (Normal Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera),” tambahnya.

Hal tersebut, menurut Danrem 012/TU menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus pertambahan penduduk.

“Sedangkan tujuan khususnya, meningkatkan kesadaran penduduk untuk menggunakan alat kontrasepsi, menurunnya jumlah angka kelahiran bayi dan meningkatnya kesehatan keluarga berencana dengan cara penjarangan kelahiran,” tuturnya.

Sementara Kasi KB Ibu Jufra Fonna, SKM, M. Kes selaku narasumber dari BKKBN Kabupaten Aceh Barat mengungkapkan, Keluarga Berencana (KB) merupakan suatu program pemerintah yang dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk.

Baca Juga..!  Danrem 012/TU Pimpin Sepeda Santai ke PT. Socfindo

“Dengan program ini diharapkan keluarga sebagai unit terkecil kehidupan bangsa dapat menerima Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS) yang berorientasi pada pertumbuhan yang seimbang,” ucapnya.

Dengan adanya program ini, ia menyebutkan Gerakan Keluarga Berencana Nasional Indonesia cukup berhasil menurunkan angka kelahiran yang bermakna.

“Perencanaan jumlah keluarga dengan pembatasan yang bisa dilakukan dengan penggunaan alat-alat kontrasepsi atau penanggulangan kelahiran seperti kondom, spiral, IUD, dan sebagainya,” imbuhnya.

Pihaknya juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi terhadap komitmen TNI yang terus mendukung program Kependudukan dan Keluarga Berencana.

“Harapannya program ini akan mencapai sasaran yang maksimal sesuai dengan harapan pemerintah,” pungkas Kasi KB BKKBN Aceh Barat.

Materi KB yang disampaikan oleh narasumber meliputi pemanfaatan KB, mulai dari alat kontrasepsi maupun jarak kehamilan serta penting nya mengatur program KB guna terbentuk keluarga yang sejahtera.

Pewarta : HS

Facebook Comments