Aceh Besar

Ikatan Da’i Aceh Siap Tes Baca Al Quran Kandidat Capres dan Cawapres 2019

Banda Aceh | Aceh, suaramedia.id – Polemik keislaman pasangan Capres dan Cawapres 2019, menjadi perhatian masyarakat di Provinsi paling utara Indonesia. Untuk mengakhirinya, Konferensi Pers Ikatan Da’i Aceh dilaksanakan di Warkop 3 in 1 di Jln. T. Panglima Nyak Makam Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh dipilih. Sabtu pagi (29/12/2018).

Pemilihan Presiden hanya tinggal 3 bulan lagi, yaitu April 2019 untuk memilih pemimpin 5 tahun ke depan. Meski demikian, di tingkat bawah maupun Medsos perdebatan tentang siapa yang lebih layak menjadi presiden sangat meresahkan. Ruang publik tak lagi menjadi ajang diskusi adu program dan gagasan, melainkan berubah menjadi pertarungan adu fitnah dan saling menyalahkan hingga mengkafirkan. Fenomena ini tentu saja bertolak belakang dengan nilai-nilai keislaman yang selama ini dianut oleh masyarakat Indonesia, sehingga uji kemampuan baca Al-Qur’an diyakini diperlukan untuk menentukan calon pemimpin yang mempunyai kapabilitas terbaik. Pasalnya sebagai negara dengan populasi Islam terbesar di dunia, keislaman seorang pemimpin sangatlah penting, sebab menjadi presiden berarti menjadi imam bagi seluruh rakyat Indonesia.

Acara dihadiri belasan orang yang antara lain Ketua Ikatan Da’i Aceh, Tgk. Marsyuddin Ishaq, SHI, Sekretaris Tgk. Masrijal Hasan, SHI serta insan media. Disampaikan Marsyuddin Ishaq bahwa, kegiatan merupakan terobosan besar yang akan menggegerkan Indonesia dalam menyukseskan agenda Pemilu 2019. Di Aceh sendiri, telah diterapkan selama bertahun-tahun kepada setiap calon pemimpin, baik legislatif maupun eksekutif.

“Sebenarnya agenda ini bukan yang pertama, banyak Ormas lain yang juga merencanakan kegiatan serupa. Ketika kami gelar, banyak kawan dan elemen yang menyerang kami, seolah-olah pihak kami berpihak kesalah satu Paslon, padahal lembaga ini bersikap netral. Dalam kaca mata kami, manifestasi nilai-nilai keislaman dan keimanan adalah sekurang-kurangnya dapat membaca dengan baik ayat-ayat suci Al-Quran,” ungkapnya.

Baca Juga..!  Jumat Sehat, Kodim Tegal Gelar Goes Bersama

Forum berencana mengundang masing-masing kandidat, yaitu Joko Widodo dan KH. Makruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebagai pasangan calon nomor urut 2, untuk pengujian yang akan diselenggarakan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada (15/01/2019). Penguji direncanakan adalah para ulama sepuh Aceh, dengan materi yaitu Surat Al-Fatihah dan satu surat lainnya yang diambil secara acak.

“Kami disini siap menjadi tuan rumah bagi Indonesia untuk pelaksanaan tes baca Al-Quran untuk Paslon Capres dan Cawapres, karena kami ingin menghimbau kepada masyarakat Indonesia khususnya Aceh, jangan sampai persaudaraan terpecah gara-gara Pilpres. Terkait berita hoax, kami ingin masyarakat di Indonesia lebih tabayyun sebelum menshare berita, karena berefek buruk bagi dunia,” imbuhnya.

Pewarta : (Yose/Editor Aan)

Facebook Comments