BantenTangerang kabupaten

Hujan Deras Warga Rancagong Kabupaten Tangerang Kebanjiran

TANGERANG | BANTEN, suaramedia.id – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tangerang sejak Senin (26/10/2020) siang, membuat kurang lebih 50 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Rancagong RT 01 RW 09 Desa Rancagong, Kecamatan Legok. Terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman akibat rumah mereka terendam banjir.

Banjir yang dikabarkan diakibatkan luapan saluran air yang tidak dapat menampung curah hujan itu berada di perbatasan antara dua Desa. yakni, Desa Rancagong Kecamatan Legok dengan Desa Curug Wetan, Kecamatan Curug Kabupaten tersebut.

Akibatnya, warga pun terpaksa berjibaku menyelamatkan barang-barang berharga mereka. Hingga air kembali surut dan tidak lagi menggenangi rumah mereka sekitar Selasa (27/10/2020) sore.

“Banjir mulai menggenangi rumah warga sejak hari senin pukul 18:00 WIB, hingga surut pada selasa sore,” kata Kapala Desa Rancagong Iwan Patiwel kepada suaramedia.id Rabu, (28/10/2020) di lokasi saat memantau kembali warganya.

Iwan Patiwel menjelaskan terjadinya banjir tersebut, disebabkan buruknya saluran air (Drainase) yang tidak dapat mengalirkan air secara cepat ke arah sungai. Ditambah adanya pemagaran lahan yang dilakukan oleh salah seorang pemilik lahan di dekat lingkungan warga yang terkena banjir.

“Tadinya di lokasi ini sebelum ada pagar tidak terjadi banjir, sebab air biasanya juga selain mengalir ke arah sungai bisa mengalir ke sawah yang ada di wilayah Desa Curug Wetan, tapi sekarang dengan adanya pagar dan ditambah dengan buruknya saluran air warga di sini jadi kebanjiran,” terangnya.

Dirinya menambahkan, selaku Kepala Desa bersama warganya akan berusaha memperbaiki keadaan di lingkungannya itu sekaligus berharap adanya peran serta Pemerintah khususnya Kabupaten Tangerang untuk membantu menanggulangi banjir di wilayah tersebut.

“Kami pihak perangkat Desa bersama dengan warga akan berusaha memperbaiki agar lingkungan ini dapat kembali normal dan tidak kebanjiran lagi. Dan, semoga saja ada bantuan dari pihak pemerintah Kabupaten melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air yang dapat memperbaiki Drainase ini,” tandasnya.

Baca Juga..!  Demi Keamanan Dan Ketertiban, Pelaksaanaan Seleksi CPNS Dijaga Ketat Aparat

(Ksh)

Facebook Comments