Jawa TimurSumenep

Gubernur Jawa Timur akan Lantik 19 Pasangan Calon Terpilih Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020, begini Syaratnya

SUMENEP | JATIM, suaramedia.id – Untuk memastikan pelantikan 19 pasangan calon Kepala Daerah Kabupaten/Kota hasil pilkada serentak dapat terlaksana sesuai regulasi yang ada, Gubernur Jawa Timur telah menerbitkan surat edaran tanggal 8 Januari 2020, No: 131/371/011.2/2021 tentang Usul Pemberhentian dan Pengesahan Pengangkatan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020.

Surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur, Heri Tjahyono tersebut antara lain menentukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Pengesahan pengangkatan pasangan calon bupati dan wakil bupati serta pasangan walikota dan wakil walikota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota yang disampaikan oleh DPRD kepada Mendagri melalui Gubernur.
  2. Apabila DPRD tidak menyampaikan usulan pengesahan pengangkatan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih kepada mendagri melalui gubernur, dalam jangka waktu lima hari kerja sejak KPU menyampaikan SK penetapan pasangan terpilih kepada DPRD, maka KPU Kabupaten/Kota yang menyampaikan usulan pengesahan pengangkatannya kepada Gubernur melalui KPU Propinsi.
  3. DPRD mengumumkan dalam rapat paripurna hasil penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota terpilih oleh KPU sebelum disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur. (Pewarta: Massurah)
Facebook Comments
Baca Juga..!  Akibat Kurang Cermat Pimpinan UKPBJ Mustangin Harus Berhadapan Dengan Hukum Dicecar Sejumlah Pertanyaan D Polda Jatim