Tangerang

Galian Kabel Cikupa Tabrak Aturan, Diduga Gagal kontruksi

TANGERANG | BANTEN | sm.id – Proyek pemasangan kabel listrik milik PT PLN diduga dikerjakan asal jadi. Kabel yang seharusnya ditanam dengan kedalaman 150 centimeter, banyak ditemukan hanya 30-80 centimeter saja.

Misalnya di jalan raya serang cikupa tiga raksa, galian kabel PLN yang dikerjakan oleh oknum PT rekanan PLN ini terkesan dikerjakan asal jadi. Pekerjaan galian kabel listrik 20 KV berteganggan tinggi milik PLN area cikupa diduga mengurangi velume standar PLN.

Menyikapi hal tersebut, Kornelis LSM ( KPPER) Sangat menyeyangkan, ia mengatakan galian kabel listrik tersebut, kalau harus ditanamkan kedalam 150 centimeter, kenapa hanya ditanam dengan kedalaman 80 centimeter dan ada juga yang sampai 30 centimeter, Padahal sesuai aturan galian kebel itu seharusnya dengan kedalaman 150 centimeter. Dimana standarisasi galian tersebut ditentukan oleh PLN.

“Semestinya pihak PLN dari pertama proyek ini harus diawasi oleh pengawas dari PLN, agar proyek galian kabel itu dikerjakan sesuai standar PLN. Sehingga dengan adanya pengawasan, aktivitas galian kabel tersebut tidak dikerjakan asal jadi. Kami masih sering menemukan di lapangan jika para rekanan PLN yang melaksanakan proyek galian kabel, masih menggali di bawah ketentuan standar PLN,” ujar Kornelis.

Kornelis menuding, pengawas dari pihak PLN ada main dengan pihak kontraktor yang terkesan selalu ada pembiaran. “Kami akan meminta manager PLN Area Cikupa turun langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi yang terjadi,” terangnya.

Padahal menurut Kornelis, Mengacu pada Undang Undang No 38 tahun 2008 ,Tentang jalan, peraturan pemerintah No 34 tahun 2006,tentang jalan permen PU No 20/PRT/tahun 2010,Tentang pedoman pemanfaatan pembangunan bagian jalan, Semua yang dikerjakan tidak sesui dengan persaratan teknis sebagaimana mestinya diatur oleh undang-undang tersebut. ancamnya.

Baca Juga..!  Kapolsek Karawaci Gelar Silaturahmi Ke Ponpes Roudlotussalam Cimone

Sampai berita ini ditayangkan manajer PLN Area Cikupa Fransis Al Zauhari belum bisa dikonfirmasi. Beberapa kali ditemui di ruang kerjanya tidak ada. Sementara saat dihubungi melalui telepon genggamnya tidak aktit.

– Arab

Facebook Comments