BantenLebak

Diki Ariyanto Fokus Tanaman Hidroponik Ditengah Pandemi Covid-19

LEBAK | BANTEN, suaramedia.id – Ditengah wabah Covid-19 menerpa, Diki Ariyanto (22), Warga Kampung Duraen, Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, tetap fokus untuk membudidayakan Tanaman Hidroponik (tanaman diatas air – red).

Dalam waktu delapan bulan terakhir, dirinya berhasil memanfaatkan lahan seadanya, dengan menanam, Selada Bokor (Grand rapids), Selada Keriting (Lettuces), Sawi (jenis Samhong, Pakcoy, Cesim), Seledri (Apium graveolens) Kecambah atau tauge jenis panjang (Flammulina velutipes) dilahan tidur milik keluarganya tersebut.

Meskipun kondisi di wilayahnya masihnya banyak lahan yang bisa digunakan untuk bercocok tanam, bahkan meski saat ini nilai jualnya sendiri sedang kurang maksimal, namun hal tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk terus membudidayakan usaha tanaman hidroponik tersebut.

“Saya ingin sekali mengedukasi masyarakat, untuk dapat menciptakan peluang kerja bagi masaryakat sekitar, meski disaat pandemi Covid-19 seperti ini, Kita tidak lagi mengharapkan bantuan dari pemerintah, apalagi mengeluh akibat dari dampak corona, nantinya akan membuat Kita semakin terpuruk,” imbuh Diki.

Sambung Diki, dirinya juga mengakui jika hasil taninya saat ini tidak maksimal, lantaran terkendala cuaca yang ekstrim, yang menghambat pertumbuhan tanamannya, selain juga kondisi perekonomian sedang terpengaruh oleh pandemi Covid-19, namun dirinya selalu bersyukur nikmat dengan semua hasil yang telah diterimanya saat ini.

“Walau sedikit yang penting dapat menunjang kebutuhanya, bahkan dapat memenuhi kebutuhan warga sekitar,” tuturnya.

Hingga saat ini, dalam sekali panen dirinya sudah bisa menghasilkan 70 Ikat per minggunya, dengan angka kisaran Rp. 500 ribu per bulannya.

Pewarta : (Ricky/Nita)

Facebook Comments
Baca Juga..!  GLSP Semprotkan Disinfektan