BantenSuara Mediatangerang

Dengan Waktu 11 Jam 45 Menit Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Remaja Tenggelam ex Danau Galian Pasir Desa Bitung Jaya

CIKUPA | BANTEN. suaramedia.id – Jasad Muhamad Ramadan (18 tahun) alias Ama, korban tenggelam di Danau ex Galian Pasir ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada hari rabu (3/6) sekitar pukul 17.45 WIB pada radius 10 meter dari lokasi kejadian.

Tim SAR gabungan yang berada di lokasi kejadian langsung melakukan evakuasi terhadap korban dan membawanya langsung menuju rumah duka atas permintaan keluarga korban. “Wujud apresiasi saya berikan kepada seluruh personil tim SAR gabungan berkat upaya dan kerjasama yang dilakukan baik dari Basarnas sendiri maupun unsur yang lainnya akhirnya korban ditemukan meskipun dalam keadaan meninggal dunia.” Tegas Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC).

Hendra Sudirman juga mengungkapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban atas musibah yang dialaminya.

Hendra menambahkan bahwa personil SAR gabungan sempat menemukan kesulitan ketika tim rescue melakukan penyelaman di area kejadian karena pandangan yang terbatas dan tidak bisa melakukan pengamatan visual secara jelas (zero visibility). Sebelumnya tim SAR gabungan mulai melanjutkan pencarian hari kedua terhadap korban pada pukul 07.00 WIB pagi tadi dengan membagi area pencarian menjadi 3 (tiga) dimana SRU pertama melakukan penyelaman di sekitar lokasi kejadian hingga radius 10 meter, kemudian SRU kedua melakukan penyisiran di sekitar danau galian pasir menggunakan perahu karet (rubber boat), dan SRU ketiga melakukan pengamatan secara visual melalui jalur darat mengelilingi ex danau galian pasir, Puluhan personil SAR gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Cikupa, Babinsa Koramil Cikupa, BPBD Kabupaten Tangerang, Damkar Kabupaten Tangerang, Satpol PP, PMI Kabupaten Tangerang, IEA, OCC, Rumah Zakat, SAR MTA, RIT, dan masyarakat setempat diterjunkan dalam pelaksanaan operasi SAR hingga akhirnya korban ditemukan.

Baca Juga..!  Bulan Puasa Tetap Senam Pagi

Korban sebelumnya dikabarkan tenggelam pada (2/6) siang sekitar pukul 14.10 WIB ketika bersama teman-temannya sedang berenang di Danau Ex Galian Pasir, Bitung Jaya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten. Kemudian setelah 20 menit mereka menuju ke tepian untuk beristirahat, namun ketika hendak menuju tepian danau korban yang diduga kelelahan akhirnya hilang dan tenggelam sampai di temukannya di hari kedua ini. “Terang Hendra.

Ditempat berbeda, M. Sukiat Kepala Desa Sukadamai mengapresiasi kinerja Tim SAR gabungan yang sudah bersusah payah dalam pencarian korban Muhamad Ramadan selama 2 (dua) hari dan saya selaku Pemerintahan Desa Sukadamai Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang mengucapkan turut berduka cita atas musibah yang menimpa keluarga korban semoga di berikan kesabaran dan ketabahan, dan ucapan terima kasih juga yang sebesar besarnya kepada Tim SAR atas keberhasilan menemukan jasad korban walaupun dengan cuaca yang kurang bersahabat tetap semangat dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini, tidak lupa kepada masyarakat yang telah memberikan Do’a nya atas di temukannya jasad Muhamad Ramadan yang merupakan warga Desa Sukadamai, “Ucap M. Sukiat Kades Sukadamai

(Fitra Hadi)

Facebook Comments