Aceh Selatan

Bedah Masalah Melalui FGD, Ini Pesan Pj Danramil Meukek untuk Para Keuchik!!

ACEH SELATAN | sm.id – Diskusi kelompok terarah atau Focus Group Discussion (FGD) adalah suatu proses pengumpulan informasi suatu masalah tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok sekaligus dalam rangka menjalin silaturahmi dengan Muspika serta perangkat desa.

Kegiatan FGD ini diselenggarakan oleh Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Aceh Selatan di aula kantor Kecamatan Meukek, Rabu (21/11/2018) pagi pukul 08.30 WIB yang dihadiri lebih kurang 85 orang.

Diantaranya Camat Meukek Rafli, SH, Kasat Binmas Polres Asel Iptu Zetra, Kapolsek Meukek Iptu Junaidi, Pj Danramil 03/Meukek Pelda Adri Rahdian, Ketua MAA Asel H. Bachtiar. AR, Sekretaris Satpol PP Asel Dekki Ikhwan, Stp, Ketua MAA Meukek Tgk. Zakaria Banta, para mukim, keuchik, tuha peut, tokoh pemuda dan tokoh adat serta tokoh wanita se- Kecamatan Meukek.

Pada kesempatan itu, Camat Rafli, Sh mengucapkan terima kasih kepada Sat Binmas Aceh Selatan yang telah mengadakan kegiatan semacam ini sehingga nantinya bisa menjadi bekal kepada yang hadir pada hari ini.

“Focus Group Discussion tidak lain adalah untuk meningkatkan kebersamaan, kekompakan dan kesepahaman serta bedah masalah dalam kehidupan masyarakat. Dalam artian bahasa kita adalah untuk duduk bersama sehingga memperkuat ikatan silaturrahmi dengan diskusi baik mengenai hukum, agama ataupun hukum adat,” terangnya.

Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Selatan, H Bachtiar, AR sangat mendukung terselenggaranya kegiatan FGD di lingkungan pedesaan sehingga setiap aparatur desa dapat diberi hak dan wewenang dalam melestarikan adat istiadat di desa masing-masing.

“Secara hukum baik itu pidana ataupun perdata berupa kriminal ataupun sengketa lahan dapat diselesaikan oleh aparatur desa sebagai lembaga adat. Untuk aturan hukum di desa pun dapat membuat aturan hukum berupa sanksi ataupun denda dalam bentuk Qanun sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Gubernur Aceh,” jelasnya.

Baca Juga..!  Antusias Warga Desa Balai Saksikan Penyembelihan Hewan Kurban

Disinggung pengaruh kemajuan teknologi seperti sekarang ini, Bachtiar mencontohkan isu dan informasi yang beredar melalui medsos dalam bentuk seluler/android sehingga hal seperti itu dapat mempengaruhi lestarinya adat istiadat.

“Bagi para orang tua harus betul – betul mengawasi putra -putrinya karena dalam hp seluler terdapat begitu banyak macam aplikasi, ada aplikasi yang berbentuk positif seperti Al Quran, ceramah agama, adzan dan ada juga yang berbentuk negatif seperti video porno. Dengan adanya pengaruh video tersebut sudah pasti dapat merusak moral generasi penerus dan adat istiadat kita,” himbaunya.

Pj Danramil 03/Meukek Pelda Adri Rahdian berpesan kepada pemangku adat baik para kepala desa (Keuchik) ataupun lainnya, pihaknya selaku muspika bermohon kedepan agar setiap permasalah dapat diselesaikan sebaik mungkin secara profesional dan koperatif.

“Jangan karena yang berselisih atau bermasalah saudara atau kerabat pejabat desa, penyelesainnya diabaikan sehingga dapat menimbulkan konflik sosial secara terus menerus diantara sesama warga masyarakat,” ucapnya.

Sementara Kasat Binmas Polres Asel Iptu Zetra yang mewakili Kapolres mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat penting karena keterkaitan dengan adat desa dan adat syari’at seperti yang telah disampaikan ketua MAA Aceh Selatan.

Maka dari itu, Zetra mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan untuk saling bahu membahu memberikan pemahaman dan kesadaran terhadap masyarakat termasuk persolan penyakit masyarakat seperti judi, narkoba dan lain sebagainya yang melanggar norma adat dan hukum.

“Saya berharap kepada ibu dan bapak supaya dalam menggunakan medsos digunakan dengan bijak, setiap berita yang ada supaya disaring terlebih dahulu dengan baik sebab tidak semua berita itu fakta. Agar terhindar dari hal-hal yang bertentangan dengan UU IT,” demikian tandas Kasat Binmas Polres Asel Iptu Zetra.

Baca Juga..!  LPKA I Tangerang Gelar Buka Puasa Bersama Orang Tua Anak Binaan

Pewarta : HS

Facebook Comments