5000 Ikan Nila Merah Di Tabur di Saluran Air Limpasan Sungai Kaligung Oleh Karang Taruna Kaligayam

Talang| Jateng, suaramedia.id – Saluran air limpasan Sungai Kaligung sepanjang 100 meter di Desa Kaligayam, Kecamatan Talang berhasil disulap pemuda desa Karang Taruna menjadi tempat budidaya ikan. Tak hanya itu, penataan lahan di sepanjang saluran tersebut menjadikan tampilan saluran ini semakin menarik. Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono bersama sejumlah unsur forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Talang berkesempatan menebarkan benih ikan nila pada Jumat (26/03/2021) pagi.

Joko mengapresiasi inisiatif pemuda Karang Taruna Desa Kaligayam yang mampu memanfaatkan potensi aliran sungai ini menjadi tempat budidaya ikan air tawar. Menurutnya, ide kreatif ini bisa menjadi contoh bagi komunitas pemuda desa lainnya. Pemuda Karang Taruna, lanjutnya, harus menjadi pelopor inovasi desa, mendorong kreatifitas generasi muda untuk memanfaatkan potensi dan menangkap peluang yang ada demi kemajuan bersama.

Di tempat yang sama, Ketua Karang Taruna Desa Kaligayam Irfan Winanda Pratama mengatakan, setidaknya ada 5.000 benih ikan nila merah yang ditabur pada kesempatan ini. Bibit ikan tersebut berasal dari swadaya anggota Karang Taruna Desa Kaligayam yang bekerja sama dengan Karang Taruna Kabupaten Tegal.

“Situasi pandemi ini kiranya bisa kita jadikan momentum untuk berinovasi dan berkolaborasi mencari terobosan dan jalan keluar. Dan ini ada contoh baik dari pemuda karang taruna yang bisa mengonversi kondisi krisis ekonomi menjadi satu kesempatan baik. Dengan demikian, peran pemuda karang taruna tidak saja aktif sebagai motor penggerak kegiatan sosial kemasyarakatan, tapi sekaligus juga agen perubahan di berbagai sektor kehidupan di lingkungannya, termasuk ekonomi kerakyatan di masa sulit ini,” ujarnya.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada jajaran Pemkab Tegal, Karang Taruna Kabupaten Tegal, Pemerintah Desa Kaligayam dan pemangku sumber daya air yang telah memfasilitasi usaha kami ini. Mudah-mudahan, ke depan, akan terjalin kerja sama yang lebih intensif, baik dalam hal pemanfaatan hasil panen ikannya maupun selama masa pemeliharaan ikan ini,” kata Irfan.

Baca Juga..!  Ketua Persit Cab.XXII Kodim Tegal Membagikan Paket Sembako Kepada Warga Dukuh Kali Susu Kab.Tegal

Menurutnya, selain bergantung pada pasokan air, perilaku warga sekitar untuk tidak membuang sampah dan limbah berbahaya ke dalam saluran air ini akan menjaga kelangsungan usaha rintisan pemuda Karang Taruna Desa Kaligayam tersebut.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0712/Tegal di wakili Pasi 4 Logistik Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Jamaluddia Abas .Sekda kabupaten tegal Bpk Dr.Widodo Joko Mulyono.M.Kes,M.M., Danlanal tegal diwakili oleh Paspotmar Lanal Tegal Kapten Mar.Amat Safii, Dansatradar 214 di wakil kapten B.E.E.Sihombing, Kapolres tegal diwakili kapolsek Talang AKP Sudiyono, Kades Kaligayam Ahroni, Ketua karang taruna kabupaten tegal Edi, Kades Kaladawa H.Taslihin dan Dinas perdagangan koprasi UKM tegal Imam saefudin soheh

(Pendimtegal/Nrs)

Facebook Comments